Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pastor Message

TIPS : Perawatan Ban Bocor

Bagi rekans yang suka berkendara, masalah ban tentu sering ditemui dan harus diwaspadai. Meskipun ban masih baru, tapi kalo lagi apes, kempes juga ketusuk benda lancip seperti paku dan semacamnya.
Lalu ban itu digantikan ban serep dan dibawa ke tukang tambal ban.
Apa yang dilakukan tukang tambal?


Kiamatlah sudah ban baru kita. Ban yang tadinya utuh sekarang ditusuk
dengan alat tusuk yang segede kelingking. Ban yang tadinya bocor
hanya seujung jarum dibikin bolong kaya mulut pipa.
Itu mah namanya tambal ban tubles!

Setelah dibolongin, tali serabut disumbatkan ke bolongan ban dengan
regangan yang cukup potensial untuk semakin merusak ban. Mulai dari
bahan karetnya, anyaman benangnya sampai anyaman kawatnya dibikin
sobek dan putus berantakan, sehingga ban kita menjadi semakin lemah.
Inilah bentuk kiamat dari ban kita setelah membayar ongkos tambal 8 -
10 ribu perak. Untuk pertama kalinya tambalan mungkin masih bisa
bertahan selama beberapa minggu atau bulan.. Tapi jika bocor lagi
dititik yang sama kagak bisa lagi disumbat dengan tali
serabut itu.
Tapi harus menggunakan ban dalam! Emangnya enak pake ban dalam?

Inilah cara yang jauh lebih unggul (dalam hal kekuatan, tidak merusak
sama sekali), hemat waktu, biaya dan tenaga, dan ...... dapat
dikerjakan sendiri tanpa melepas roda.

Dongkraklah roda yang bannya bocor, gak perlu dilepas. Lalu putar
setir agar ban mengarah keluar spakboard. Pompa sampai penuh lalu
putar perlahan sambil disirami air. Setelah tampak gelembung udara
pertanda bocornya, tandai daerah bocor (sebaiknya lingkari pake
tip-ex). Cucilah hingga bersih daerah bocor itu lalu dilap dengan lap
kering. Setelah kering tetesi dengan lem pawer (power glue) sehingga
lem meresap ke dalam lubang.

Cukup dengan lem pawer yang harganya Rp.1000 saja. Bantulah dengan
menusuk-nusukkan benda lancip seperti paku yang bersih ke lubang agar
lem lebih lancar masuk. Lalu tunggu kering selama beberapa menit.
Lalu pompa lagi Ok! Pekerjaan menambal selesai.

Apa keunggulannya?
(1) Kuat dan anti gagal. Daya adesif lem pawer lebih tinggi dibanding
daya kohesif karet sendiri, so... titik ini menjadi lebih kuat daripada bagian yang lain.
Tidak ada bagian yang mungkin copot atau terpental, karena hanya menggunakan lem..
Life time guarantie!
(2) Tidak terjadi pelemahan sedikitpun pada jaringan ban.
(3) Tidak menambah massa yang mempe­nga­ruhi balancing.
(4) Tidak akan pernah membutuhkan ban dalam sepanjang umur ban.
Menggunakan ban dalam menambah biaya, menambah rumit setting roda,
keandalan yang lebih rendah dan risiko kegagalan yang jauh lebih tinggi.
(5) Tidak tergantung pada orang lain dan tukang tambal ban maupun
alat-alat yang lebih rumit. Dapat dilakukan sendiri dengan mudah,
cukup bermodalkan sebuah lem pawer Rp.1000 saja, satu pompa sepeda
anak-anak di rumah, dan dongkrak yang sudah ada. Biaya yang jauh
lebih rendah. Satu tabung kecil lem pawer dapat menambal puluhan titik bocor.
(6) Kondisi ban tetap utuh, seolah-olah ban tidak pernah mangalami
bocor. Tidak merusak jaringan karet, benang dan kawat ban..

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Isi Buku Tamu ini...

Acara apakah yang paling kamu sering ikuti di gereja?

Promo Keren dan Diskon Gede Setiap Hari di Living Social....!!!

Promo Keren dan Diskon Gede Setiap Hari di Living Social....!!!
Dapatkan Promo terbaik dan Diskon terbesar untuk member Living Social. Nikmati makanan terlezat dan pengalaman tak terlupakan dengan Promo Living Social yang pasti Murah